Pendidikan adalah suatu proses
untuk menuju pendewasaan, dimana untuk mewujudan pendidikan yang optimal
diperlukan berbagai jenis pendidikan, tidak hanya terpancang pada pendidikan
formal saja. Melainkan juga diperlukan pendidikan informal dan non formal. Karena
sejatinya pendidikan itu merupakan suatu proses yang komplek dimana kesemuanya
merupakan satu kesatuan.
Dewasa ini perwujudan masyarakat
belajar belum ada peningkatan seperti yang diharapkan. Banyak upaya yang
dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang merata, yang melingkupi
semua lapiasan masyarakat untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam upaya ini
dibutuhkan pula campur tangan dari masyarakat itu sendiri. Karena tanpa
kedasaran dan kerjasama masyarakat, perwujudan masyarakat belajar tidak akan
tecapai. Karena pendidikan tidak hanya diperoleh dari sekolah, melainkan dari
kesadaran masyarakat untuk belajar antara lain melalui membaca, mencari informasi di internet,
pengalaman, dan lain-lain.
Penerapan belajar sepanjang hayat
dalam mewujudkan masyarakat belajar sangat memberikan kontribusi bagi
peningkatan kualitas SDM. Dengan peningkatan tersebut, harkat dan martabat
masyarakat dapat terangkat dimata dunia. Oleh sebab itu perlu adanya kemerataan
pendidikan yang tidak hanya didapat dari sekolah, namun juga dapat terwujud
dalam perpustakaan umum untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
Belajar Sepanjang Hayat
Pendidikan merupakan suatu upaya
sadar manusia untuk mendewasakan anak. Secara umum Pendidikan merupakan suatu proses
berkelanjutan yang mengandungi unsur-unsur pengajaran, latihan, bimbingan dan
pimpinan dengan tumpuan khas kepada pemindahan berbagai ilmu, nilai agama dan
budaya serta kemahiran yang berguna untuk diaplikasikan oleh individu (pengajar
atau pendidik) kepada individu yang memerlukan pendidikan
Beberapa pendapat pakar tentang pendidikan :
- Crow and crow mengartikan pendidikan sebagai proses dimana pengalaman atau informasi diperoleh sebagai hasil dari proses belajar.
- John Dewey ( Pandangan pakar pendidikan dari Amerika) berpandangan bahwa pendidikan ialah satu proses membentuk kecenderungan asas yang berupa akal dan perasaan terhadap alam dan manusia
- Prof. Horne (tokoh pendidik di Amerika), berpendapat bahwa pendidikan merupakan proses abadi bagi menyesuaikan perkembangan diri manusia yang merangkum aspek jasmani, alam, akliah, kebebasan dan perasaan manusia terhadap Tuhan sebagaimana yang ternyata dalam akliah, perasaan dan kemauan manusia.
- Herbert Spencer, (ahli falsafah Inggris (820-903 M)), mengatakan bahwa pendidikan ialah mempersiapkan manusia supaya dapat hidup dengan kehidupan yang sempurna.
Pada hakikatnya pendidikan
diperoleh melalui proses yang terdapat didalam suatu masyarakat dan individu
didalamnya. Sehingga pendidikan itu tidak hanya berupa pendidikan formal yang
diperoleh di lembaga pendidikan saja tetapi lebih bersifat menyeluruh yaitu
adanya pendidikan informal dan non formal yang sebenarnya membantu tercapainya
kesuksesan pembentukan kedewasaan anak. Semua ini karena pada dasarnya
pendidikan formal informal, dan non formal merupakan suatu kesatuan yang saling
berhubungan sehingga terdapat kesinambungan yang tidak bisa terpisahkan dalam
kaitannya untuk menciptakan manusia yang sempurna dalam hal penguasaan iptek
dan pengoptimalan potensi.
Hakikat belajar sepanjang hayat
adalah belajar seumur hidup atau yang lebih dikenal dengan istilah life long
education dan life long learning, bukan mendapat pendidikan seumur hidup. Dalam
GBHN termaktub: “pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam
lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karena itu, pendidikan ialah
tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah”. Ini berarti
bahwa setiap insan di Indonesia dituntut untuk selalu berkembang sepanjang
hidupnya. Oleh karean itu, masyarakat dan pemerintah harus menciptakan suasana
atau iklim belajar yang baik, sebab pendidikan formal bukanlah satu-satunya
tempat untuk belajar.
Pendidikan seumur hidup
disebabkan oleh munculnya kebutuhan belajar dan kebutuhan pendidikan yang terus
tumbuh dan berkembang selama alur kehidupan manusia, dalam arti belajar tidak
ada putus-putusnya. Melalui proses belajar sepanjang hayat inilah, manusia
mampu meningkatkan kualitas kehidupannya secara terus menerus, mampu mengikuti
perkembangan ilmu dan teknologi serta perkembangan masyarakat yang
diakibatkannya, dan budaya untuk menghadapi tantangan masa depan serta mau dan
mampu mengubah tantangan menjadi peluang.
Ciri-ciri manusia yang menjadi pelajar sepanjang
hayat (Cropley 1977:49):
- Sadar bahwa dirinya harus belajar sepanjang hayat
- Memiliki pandangan bahwa belajar hal-hal yang baru merupakan cara logis untuk mengatasi masalah
- Bersemangat tinggi untuk belajar pada semua level
- Menyambut baik perubahan
- Percaya bahwa tantangan sepanjang hidup adalah peluang untuk belajar hal baru.
Urgensi pendidikan sepanjang hayat (Drs. H, Rfuad.
Ihsan 1996:44-45):
- Aspek ekonomis, pendidikan merupakan cara yang paling efektif untuk dapat keluar dari “Lingkungan Setan Kemelaratan” akibat kebodohan. pendidikan seumur hidup akan memberi peluang bagi seseorang untuk meningkatkan produktivitas, memelihara dan mengembangkan sumber-sumber yang dimilikinya, hidup di lingkungan yang menyenangkan-sehat, dan memiliki motivasi dalam mendidik anak-anak secara tepat sehingga pendidikan keluarga menjadi penting.
- Aspek sosiologis, di negara berkembang banyak orangtua yang kurang menyadari pentingnya pendidikan sekolah bagi anak-anaknya, ada yang putus sekolah bahkan ada yang tidak sekolah sama sekali. pendidikan seumur hidup bagi orang tua merupakan problem solving terhadap fenomena tersebut. Aspek politis, pendidikan kewarganegaraan perlu diberikan kepada seluruh rakyat untuk memahami fungsi pemerintah, DPR, MPR, dan lembaga-lembaga negara lainnya. Tugas pendidikan seumur hidup menjadikan seluruh rakyat menyadari pentingnya hak-hak pada negara demokrasi.
- Aspek teknologis, pendidikan seumur hidup sebagai alternatif bagi para sarjana, teknisi dan pemimpin di negara berkembang untuk memperbaharui pengetahuan dan keterampilan seperti dilakukan negara-negara maju. Aspek psikologis dan pedagogis, sejalan dengan makin luas, dalam dan kompleknya ilmu pengetahuan, tidak mungkin lagi dapat diajarkan seluruhnya di sekolah. Tugas pendidikan sekolah hanya mengajarkan kepada peserta didik tentang metode belajar, menanamkan motivasi yang kuat untuk terus-menerus belajar sepanjang hidup, memberikan keterampilan secara cepat dan mengembangkan daya adaptasi. Untuk menerapkan pendidikan seumur hidup perlu diciptakan suasana yang kondusif.
Dari uraikan di atas
dapatlah ditarik bahwa belajar sepanjang hayat adalah belajar seumur hidup yang
merupakan kebutuhan manusia dalam usaha mengembangkan diri serta mempertahankan
eksistensinya adalah melalui belajar yang dilakukan sepanjang hayatnya. Tanpa
belajar, manusia akan mengalami kesulitan baik dalam menyesuaikan diri dengan
lingkungan maupun dalam memenuhi tuntutan hidup dan kehidupan yang selalu
berubah.
Dari Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar